Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Selasa, 27 Juli 2010

Penemuan Bintang Baru Di Luar Galaksi

Anda telah tau bahwa ada bintang baru yang telah ditemukan di luar galaksi Bima Sakti ?  "extremely metal-poor stars " Itulah nama bintang tersebut ! Penasaran bukan bagaimana mereka bisa menemukannya ?

          Beberapa waktu ini, European Southern Observatory (ESO) mengaku menemukan bintang di luar galaksi Bima Sakti. Ini pengetahuan baru bagi kita mengenai bintang baru di jagad raya. Astornom dari European Southern Observatory ini menyatakan penemuan bintang tersebut melalui teleskop di Chili. Teleskop yang sangat besar milik ESO dan memiliki ukuran diameter 8.2 meters dan dipasang di gurun Atacama, sekitar 1,200 kilometer utara Santiago.

        Ahli Kosmologi menyebut bintang itu extremely metal-poor stars, yang tebentuk setelah Big Bang sekitar 13.7 miliar tahun lalu. Bintang baru ini sangat sulit diketahui lokasinya. "Astronom Eropa sudah memiliki teknik baru untuk menemukan bintang yang tesembunyi di antara jutaan bintang lain itu," ujar Else Starkenburg, ketua ESO. ESO ini akan didanai oleh 14 negara di Eropa. Mereka berharap akan memulai observasi tahun depan dengan membangun European Extremely Large Telescope (E-ELT), yang dikukuhkan sebagai "mata jagad terbesar di dunia."

Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar