Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Rabu, 14 Maret 2012

Let Us Study : Gelandangan Jadi Hotspot WiFi Tidak Manusiawi

Let Us Study :  Sebuah program unik di Amerika Serikat coba memberdayakan para gelandangan untuk menjadi hotspot WiFi berjalan. Mereka membawa perangkat portable WiFi yang pancaran sinyalnya bisa disewa oleh para pengguna gadget. 
 
Ide tersebut dicetuskan oleh biro iklan BBH Labs. Beberapa gelandangan mereka sewa untuk lalu lalang di Texas. Namun beberapa pihak melancarkan kritik para program bernama Homeless Hotspot ini karena dinilai mengeksploitasi para gelandangan. 

Memakai baju bertuliskan 'Im a 4G Hotspot', para gelandangan pun berkeliling untuk mencari mereka yang membutuhkan koneksi internet. Koneksi bisa disewa dengan biaya USD 2 per 15 menit. Namun user bisa membayar berapapun seikhlas mereka.

"Semuanya akan dibayarkan pada mereka yang menjual akses. Ini adalah bentuk pendapatan bagi mereka," demikian pernyataan BBH Labs seperti dikutip detikINET dari NYDailyNews, Rabu (14/3/2012). 

Namun beberapa kritik menilai program ini tidak manusiawi. "BBH telah melanggar batas dengan melakukan eksploitasi pada gelandangan. Kampanye ini memanfaatkan orang yang lemah menjadi hotspot WiFi," kata Bill de Blasio, praktisi hukum setempat.

Bill menilai para gelandangan itu dimanfaatkan menjadi semacam properti ketimbang manusia. Namun tidak sedikit pula yang mendukung program Homeless Hotspot ini.
"Saya pikir ini adalah ide yang hebat. Setiap orang miskin bisa melakukan sesuatu yang cukup bernilai sehingga ada orang yang mau membayar mereka, hal itu merupakan sesuatu yang bagus," ucap Joe Little dari lembaga New York Cit Rescue Mission.





 Penanggung Jawab :
 let-us-study.blogspot.com
http://inet.detik.com 

0 komentar:

Posting Komentar