Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Selasa, 21 Juni 2011

Cari Tau yuk ! Nilai Jual dan Istilah Dalam Plurk.com

Mungkin ini bukanlah hal yang baru bagi pengila social network, situs yang akan saya angkat kali ini adalah situs yang telah berkembang sebelum tahun 2008. Situs yang saya anggap mempunyai nilai jual dibanding situs yang sekelas dengannya yang dinamakanplurk.comDibagian selanjutnya, Saya akan menjelaskan sedikit tentang Plurk, mulai dari kelebihannya hingga istilah istilah yang ada di social network satu ini.
_________________________________________________________________________________________
Situs yang dapat menyisipkan emoticon [Emition Icon] ini, sebenarnya hampir mirip denganTwitter. Persamaannya adalah panjang karakter yang dapat digunakan saat mengupdate sebuah status diplurk hanyalah 140 karakter [spasipun dihitung sebagai karakter]. Tapi apasih arti dariPlurk itu sendiri ? Dikutip dari sebuah postingan dari blog yang mengusut sejarah plurk , disebutkan bahwa
Penamaan kata Plurk dalam layanan ini didefinisikan sebagai:
Kata Benda. plurk (plüer-kh) – adalah website nyaman yang memperbolehkan anda untuk menunjukkan peristiwa yang membuat hidup anda bagaikan daging yang enak dan gampang untuk dicerna. Rendah lemak, 5 kalori pada setiap pelayanannya, mempunyai manfaat yang banyak
Kata Kerja. plurk (plüer-kh) – Untuk mencatat segala peristiwa yang anda lakukan, kumpulan tindakan, buku cerita, pesona hidup.
Kalau Kita baca dengan seksama dari pernyataan diatas, Kita akan heran, kenapa ada kata “daging yang enak dan gampang untuk dicerna,….” ? Sampai sampai “daging” yang disebut sebut tadipun di pajang di pojok kanan akun setiap Plurkers [sebutan untuk user/pengguna Plurk]. Sampai saat ini Saya masih belum mendapatkan informasi tentang maksud “daging-daging” yang numpang mejengdisetiap akun Plurkers. Bahkan anehnya lagi, kita bisa memilih gambar apa saja yang bisa ditampilkan tergantung Karma yg kita miliki.

gambar yang dapat di pajang di pojok kanan atas
Gambar yang dapat di pajang di pojok kanan atas setiap akun Plurkers
___________________________________________________________________________________________
Kita mengenal Facebook sebagai salah satu jejaring sosial yang terkenal kerena salah satunya kelebihannya adalah fasilitas game yang memungkinkan usernya bermain langsung  di facebook.Berbeda pula dengan dengan Twitter, kelebihan yang sering Kita dapatkan adalah kemampuanTwitter menyajikan ribuan informasi dalam waktu singkat melalui Tweet [sebutan khusus untuk komenter/status pada Twitter]. Lalu bagaimana dengan Plurk ? Kalau dibandingkan situs jejaring sosial seperti Facebook dan TwitterPlurk lebih memiliki keunggulan yang berbanding jauh dengan kedua situs tersebut. berikut ini adalah kelebihannya :
1. Emoticon [Emotion Icon]
Hal ini bukanlah hal yang baru didunia maya, Emoticon [Emotion Icon] adalah sebuah gambar wajah yang dapat bergerak dan berukuran kecil yang dimaksudkan untuk memberitau perasaan si pemakai kepada orang lainumumnya Emoticon [Emotion Icon] lebih identik dengan YM [Yahoo Mesengger]. Di Plurk sendiri, Emoticon [Emotion Icon] dibatasi sesuai karma. Jika anda ingin mendapatkan Emoticon [Emotion Icon] lebih, Anda dapat menggunakan frenavit.com/berbagi-emoticon-plurk.html sebagai salah satu tambahan Emoticon [Emotion Icon] ..

Emotion Icon
Emotion Icon pada Plurk disesuaikan dengan karma
2. Youtube on Plurk.
Kita juga bisa membuka youtube.com langsung dihalaman Plurk tanpa meninggalkan plurk itu sendiriLalu bagaimana kalau kita ingin nge-plurk lagi ? Yah, tinggal disematkan di bawahnya aja dengan mengklik tulisan “jangan tampilkan video dan putar dibelakannya”. Untuk lebih jelas silakan lihat dibawah ini.

Tampilan video di plurk
Tampilan Video Youtube di akun Plurk
3.  Webcam Editing.
Fasilitas ini juga ada di facebook. Perbedanya terdapat pada kemampuan pengedittan menggunakan effect foto yang lebih diunggulin oleh Plurk. Kita dapat membuat foto Kita menjadi Putih Hitam, kemerah-merahan, maupun kehijau-hijauan.

Webcam Di Plurk
Tampilan Webcam Editting di Plurk
4. Pengantian Layout/Template/Background yang Mudah.
Mungkin hal ini juga bisa Anda pertimbangkan untuk bergabung dengan situs jejaring yang satu ini. Bagian yang sering disebut sebagai Plurk Layout ini dapat Anda ganti sepuas Anda. BahkanPlurk telah menyediakan website resmi Mereka untuk memanjakan Anda.  Mulai dari yang telah disediakan oleh Plurk hingga fasilitas yang memungkinkan Anda membuat Layout tersebut dalam waktu singkat. Untuk lebih lanjut silakan berkunjung ke plurk-layout.com atau plurk-layout.com/layout-generator.

Tampilan Ruang Bedah Plurk Layout
Tampilan Ruang Bedah Plurk Layout
5. Tampilan yang Dinamis.
Kita mengenal Facebook dengan tampilan yang cukup menarik termasuk Twitter. Biasanya untuk membaca status/tweet dari teman Kita, Kita akan membaca makin lama makin kebawah meninggalkan bagian atas [profil picture, salah satunya], namun tidak dengan Plurk, kalau Kita ingin membaca status di plurk, Kita cukup mengerakkan ke kiri maupun ke kanan. Tidak hanya itu saja, semua status di plurk, akan d susun sedemikian lupa sesuai waktu dan tanggal d updatenya status tersebut. Ingin lebih jelas ? lihat aja gambar dibawah ini

Tampilan Plurk Saya

______________________________________________________________________________________________________Setiap situs memiliki istilah istilah yang berbeda, contohnya di twitter, Kita tidak asing dengan kataTweet. Tweet adalah istilah yang digunakan untuk menganti kata status/comment. Tapi bagaimana dengan plurk ? adakah istilah istilah yang unik ? Tidak terlalu banyak istilah istilah yang ada di plurk. Berikut ini adalah istilah yang pasti Anda temui saat Anda menggunakannya.
1. Respon.
Respon ? Istilah apalagi itu ? Respon adalah sebuah istilah untuk mengantikan kata “comment/komentar” atau yang lebih tekenal dengan tweet di twitter.com.
2.Karma.
Karma disini adalah sebuah pernilaian seberapa aktifnya Kita dalam menggunakan Plurk. Jika Anda tidak melakukan apapun terhadap plurk seperti mengupdate status atau jarang membukanya, maka karma pun akan turun dan sebaliknya.
3. Kebanjiran Plurk.
Istilah ini tergolong cukup baru bagi para plurkers. Kebanjiran karma dapat diartikan seperti kelebihan mengupdate status dalam 1 hari. dan mayoritas status tersebut tergolong “tidak bermutu” sehingga akan mengulangi karma Anda sekitar 0.28
.4.  Karma Freeze
Karma freeze adalah salah satu fasilitas yang disediakan untuk plukers guna membekukan pergerakkan karma Mereka. Biasanya para plukers menggunakan fasilitas ini jika mereka merasa dalam waktu cukup lama tidak akan menggunakan/mengakses plurk.com. Akan tetapi jika Anda mengaktifkan fasilitas ini, Anda akan kehilangan karma Anda sebesar 0.50.
5. Plurk Private
Kalau Kita menggunakan twitter.com, Kita pasti mengenal istilah direct messenge [pesan singkat yang dikirim maupun diterima  langsung olehKita ke  user lain]. Kurang lebih pengertian Plurk Privat sama dengan Direct Messenge. Berikut adalah  tampilan Plurk Private
:barusan adalah sekilas pengetahuan yang telah Saya bagikan kepada Anda. Apakah Anda tertarik untuk bergabung bersama Saya ? Jika Anda ingin mencobanya silakan klik disini. Atau mungkin ada penjelasan Saya yang kurang jelas ? Silakan Saja bertanya di sini.









Sumber Referensi :



 sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar