Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Selasa, 03 Agustus 2010

7 Citra Aneh Di Permukaan Bumi.

Anda penasaran tentang bentuk-bentuk aneh di permukaan bumi ? Anda bisa mencari tau semuanya dengan menggunakan google earth. Untuk informasi beberapa tempat yang unik, Anda bisa membacanya disini.


7 Citra Aneh di Permukaan Bumi                      Mengamati permukaan bumi dari angkasa luar sekarang ini tidak hanya bisa dilakukan oleh para antariksawan atau astronot saja. Tanpa harus menaiki pesawat ulang-alik atau berada di stasiun ruang angkasa, kita bisa mengamati seluruh permukaan bumi di rumah kita melalui layar komputer secara online dengan program Google Earth. Google Earth bisa diunduh secara gratis di earth.google.com, dan pemasangannya pun mudah.
                  Seolah-olah sedang berada di luar angkasa kita bisa menjadi pengamat bumi dan melihat-lihat seluruh permukaannya bahkan sampai pada bagian-bagian kecil seperti melihat di mana posisi rumah kita sendiri. Walaupun citra yang ditampilkan tidak secara langsung (live), namun setidaknya citra satelit ini masih cukup baru.
Sebuah citra geografis yang dilihat dari kejauhan seringkali sangat berbeda dengan gambaran dekatnya. Sebuah pola-pola aneh terbentuk dengan sendirinya dari penyatuan beberapa ornamen. Sebagai contoh adalah pola aneh dari gumpalan awan yang terkadang berbentuk tulisan, benda atau makhluk tertentu.
Berikut ini adalah citra atau gambar-gambar aneh di permukaan bumi yang bisa dilihat dengan bantuan Google Earth. Tentu saja anda harus terlebih dulu mengunduh dan memasang program Google Earth di komputer anda, kemudian mencari gambar-gambar aneh dimaksud dengan menggunakan panduan yang terdapat di warta ini.

1. Pangkalan militer di Cina

            Dalam sebuah wilayah padang pasir terpencil di propinsi Gansu di China bagian utara terdapat suatu pola seperti labirin misterius. Bentuk berupa “jalanan” itu berukuran lebar 20 meter, dan pola itu menempati sebuah persegi panjang yang berukuran sekitar 1 km x 1,8 km, sejajar dengan utara ke selatan.  Jika gambar diperbesar, anda dapat melihat bahwa garis-garis itu benar-benar berada di permukaan tanah. Sebenarnya garis-garis tersebut merupakan bagian dari sebuah pangkalan militer milik Cina. Bentuknya cukup unik dan aneh karena berpola seperti sebuah puzzle. Posisi pola itu berada di 40°27'28.75" LU (Lintang Utara) dan 93°23'36.25" BT (Bujur Timur). Untuk melihatnya anda bisa menggunakan mouse anda pada Google Earth dan temukan posisi kedua ordinat di atas atau klik di sini.

2. Lingkaran dan bujur sangkar di gurun Saudi Arabia

            Di wilayah Arab Saudi, ada sebuah citra berbentuk persegi besar dengan lingkaran yang lebih kecil di dalamnya.  Kira-kira bentuk aneh ini apa, ya? Apakah susunan bangunan dengan alun-alun di tengahnya? Ataukah suatu bentukan oleh alam saja? Namun yang lebih aneh lagi adalah pola warna yang muncul, yang terlihat mempercantik objek tersebut.  Posisi pola itu berada di 25°35'27.59" LU (Lintang Utara) dan 47°9'54.05" BT (Bujur Timur). Arahkan mouse anda pada posisi kedua ordinat di atas atau klik di sini.

3. Misteri karya seni di dalam hutan

            Di Polandia bagian selatan, di luar kota Bokowno, terdapat sebuah bentuk panah penunjuk arah utara yang terukir pada areal sebuah hutan.  Dengan ukuran raksasa sekitar 525 meter dari ujung ke ujungnya, dan terarah secara tepat ke Utara ditambahkan lagi terdapat huruf N (North) di tengahnya, menjadikan citra ini aneh namun menarik.  Ada dua perusahaan produsen pasir di dekat situ.  Mungkinkah pola itu adalah anak panah yang digunakan oleh salah satu perusahaan itu? Klik di sini untuk melihatnya di Google Earth.
Di luar kota Pensaukee, di negara bagian Wisconsin USA anda akan menemukan kata FOWL yang terukir di garis pantai Danau Michigan.  Barangkali hal ini sebagai peringatan bagi pesawat yang melintas di atasnya bahwa mungkin ada angsa atau bebek yang terbang di wilayah ini? Klik di sini untuk melihatnya.
Dalam Hutan Nasional Umpqua di negara bagian Oregon USA, terlihat ada dua buah dadu (5 dan 3) yang terbentuk dari barisan pohon utuh dan areal tanah kosong. Klik di sini untuk melihatnya.

4. Kasus misterius hilangnya sebuah bandara

            Ini adalah bandara Sigonella milik Angkatan Laut AS yang terdapat di Sisilia, Italia.  Seperti yang terlihat dalam citra satelit di Google Earth yang diambil pada tanggal 27 Juni 2006 bandara tersebut masih ada, namun kemudian pada tahun 2007 bandara itu lenyap, dan citranya bisa dilihat pada Microsoft Live Maps. Apa yang terjadi? Tentu saja bandara tersebut tidak benar-benar telah hilang. Tetapi ada perbedaan pada kedua layanan pemetaan online, yakni Google dan Microsoft (Bing), di mana kemungkinan berkaitan dengan peraturan tertentu atau hubungan mereka dengan otoritas pemilik objek yang ditampilkan, sehingga objek yang sebenarnya ada terpaksa dihapuskan dari layar. Daerah seperti pangkalan militer, gedung pemerintah, atau bandar udara mungkin sengaja dihilangkan untuk mencegah publik mengetahui lokasinya dengan tepat. Untuk melihat citra bandara Sigonella bisa dilihat di sini dan citra yang menunjukkan bandara tersebut dihilangkan bisa klik di sini. Bandara ini terletak pada 37°24'06.69" LU (Lintang Utara) dan 14°55'18.32" BT (Bujur Timur).

5. Lembaran pita berlubang-lubang.

          Di Peru bagian barat, di sebuah dataran yang disebut Cajamarquilla terdapat kumpulan lubang-lubang yang membentuk lembaran memanjang seperti pita. Dengan panjang sekitar satu mil melintasi bebatuan tandus, barisan lubang ini mempunyai kedalaman dan ukuran yang berbeda-beda. Penduduk lokal dan para arkeolog mempunyai teori bahwa lubang-lubang ini adalah sebuah situs penyimpanan atau pemakaman.
 Penasaran? Temukan di Google Earth di sini. Apa teori anda?

6. Kota kembar
              Tahukah anda bahwa kembaran negara kota Vatikan adalah kota Banjarmasin? Vatikan yang berada di Italia, Eropa dan Banjarmasin yang berada di pulau Kalimantan, Indonesia ini ternyata mempunyai sedikit kesamaan dalam pola geografis dan letak bangunannya.
Bangunan gereja Saint Peter’s Basilica yang terletak di pusat kota Vatikan berhadapan dengan lekukan sungai Tiber, dan di sebelah kanannya terdapat jembatan yang memotong sungai Tiber. Perhatikan pula kota kembarannya, Banjarmasin. Mesjid terbesar di sana yang bernama Sabilal Muhtadin terletak di depan lekukan sungai Martapura dan di sebelah kanannya terdapat sebuah jembatan yang posisinya sangat mirip. Perhatikan juga lekukan hampir serupa kedua sungai dari kota kembar ini.
Posisi gereja Basilica di Vatikan berada di 41°54'08.00" LU (Lintang Utara) dan 12°27'25.89" BT (Bujur Timur). Sedangkan mesjid Sabilal Muhtadin di Banjarmasin pada 3°19'08.17" LS (Lintang Selatan) dan 114°35'28.36" BT (Bujur Timur). Sedang jarak kedua kota ini adalah 11.262,227 km. Atau untuk memudahkan pencarian pada Google Earth bisa diketik nama kota yang dicari pada kolom pencarian (Search Fly to).

7. Dua objek bercahaya
            Sebuah kota atau tempat dengan gemerlap lampu di malam hari tentu akan terlihat kemilau apabila tampak dari kejauhan. Tapi kalau citra satelit Google Earth berikut ini adalah dua buah objek yang diambil pada waktu siang hari namun tampak sangat putih oleh cahaya terang sehingga kedua objek tidak terlihat dengan jelas karena pancaran cahayanya. Tidak diketahui dengan jelas dari mana cahaya yang menyilaukan ini berasal, sehingga citra kedua objek ini menjadi tidak jelas dibuatnya, namun yang sudah pasti bukan hasil rekayasa dari pembuat Google Earth.
          Apakah kedua objek tersebut? Tidak lain adalah Masjid Al-Haram di Makah dengan Kabah di tengahnya dan Masjid Nabawi di Madinah, keduanya terletak di Saudi Arabia. Untuk melihatnya anda bisa menggunakan Google Earth dan menuju pada posisi 21°25'21.25" LU (Lintang Utara) dan 39°49'33.10" BT (Bujur Timur) untuk Masjidil Haram dan 24°28'05.90" LU (Lintang Utara) dan 39°36'38.21" BT (Bujur Timur) untuk Masjid Nabawi di Madinah. Atau untuk memudahkan pencarian pada Google Earth bisa diketik nama kota yang dicari pada kolom pencarian (Search Fly to).




Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar