Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Kamis, 05 Agustus 2010

Candi Bawah Laut Di Indonesia

Anda ingin berkunjung ke candi bawah laut ? Tidak ada salahnya Anda mengunjungi situs satu ini. Situs ini berada di Indonesia ? Tapi cari tau dulu yah .

          Fenomena candi buatan yang berada di bawah laut di Pemuteran, Bali, sempat membuat heboh di situs jejaring sosial. Terlanjur dikenal masyarakat, candi tersebut sebaiknya dilestarikan oleh pemerintah dan dipromosikan ke mancanegara. "Yang saya pikirkan, kalau memang orang suka, lebih baik suruh orang nonton ke bawah," kata pengamat arkeologi, Prof Dr Mundardjito kepada detikcom, Kamis (5/8/2010). Menurut pria berusia 74 tahun ini, objek wisata di bawah laut masih berpotensi dan layak dikembangkan di Indonesia. Pemerintah harus lebih peka terutama dalam hal pelestarian situs-situs bersejarah.
             Sebagai contoh, pencarian harta karun di kapal kuno yang tenggelam di laut. Hal itu juga bisa dijadikan sebagai tempat cagar budaya. "Jangan diangkat semua barang-barangnya. Sebagian saja, sisanya dibiarkan di bawah dan dijadikan taman wisata biar orang bisa lihat," sarannya. Berita heboh soal candi ini muncul pertama kali lewat twitter. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sempat tertarik dan hendak memeriksa keaslian foto. Namun setelah ditelusuri, itu adalah candi buatan yang ditenggelamkan lewat proyek sejak tahun 2000 oleh para para pecinta lingkungan yang terdiri dari warga lokal dan ekspatriat, dengan donasi swadaya dan bantuan AUSAID. Mereka prihatin pada kondisi koral yang hancur akibat bahan peledak yang digunakan pencari ikan. Bekas bangunan candi bentar yang salah satunya berupa gapura itu ditenggelamkan pada tahun 2005.
            Salah seorang fotografer selam, Paul Turley, 43, mengaku kaget dengan pemberitaan soal candi ini. Dia langsung tertawa ketika tahu bahwa sebagian kalangan menganggap itu adalah situs bersejarah. Sebabnya, foto-foto yang beredar di Twitter adalah hasil jepretannya dari kegiatan menyelam di Taman Pura.
"Ketika saya dengar soal berita itu, saya tertawa," ucap Turley di Daily Telegraph.

Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar