Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Sabtu, 01 Januari 2011

10 fakta tentang mimpi.

10. Orang buta bermimpi

Manusia yang menjadi buta setelah lahir dapat melihat gambar dlm mimpi mereka. Manusia yang terlahir buta tidak melihat gambar apa-apa, tapi memiliki mimpi seperti suara, bau, sentuhan dan emosi.

9. Anda melupakan 90% mimpi yg anda alami.

Dalam jangka waktu 5 menit setelah bangun, 1/2 dari mimpianda akan terlupakan.


8. Semua orang bermimpi

Setiap manusia bermimpi (kecuali dalam kasus kekacauan psikologis yg hebat). Tapi wanita dan pria memiliki reaksi fisik dan mimpi yang berbeda. Pria cenderung bermimpi ttg pria lain, sementara wanita cenderung bermimpi ttg wanita dan pria.

7. Mimpi mencegah kegilaan

Dalam studi ttg mimpi baru-baru ini, murid yg terbangun pada permulaan mimpinya, tapi msh diijinkan tidur selama 8 jam, semua mengalami kesuliltan dalam konsentrasi, cepat marah, halusinasi, dan tanda2 kegilaan setelah hanya 3 hari.

6. Kita hanya bermimpi tentang apa yang kita ketahui

Mimpi kita sering sekali penuh dgn orang2 asing yg memainkan peran2 tertentu - tahukah anda bahwa pikiran anda tidaklah menciptakan wajah2 tersebut - itu adalah wajah2 asli orang2 yg pernah anda lihat dalam hidup anda tapi mungkin andatidak kenal atau lupa? Pembunuh iblis dalam mimpi terakhiranda mungkin adalah pria yang mengisikan minyak ke mobil ayah anda ketika anda masih kecil. Kita telah melihat ratusan atau ribuan wajah2 selama hidup kita, jadi kita memiliki persediaan karakter untuk digunakan otak kita selama bermimpi.

5. Tidak semua orang bermimpi dengan warna-warni

Sebanyak 12% orang yg bisa melihat bermimpi dlm warna hitam dan putih. Sisanya bermimpi dalam warna asli. Manusia juga cenderung mempunyai tema umum dalam mimpi , yg situasinya berhubungan dengan sekolah, dikejar, berlari dgn lambat/ditempat, pengalaman sexual, jatuh, terlambat, seseorang yg masih hidup tapi meninggal kemudian, gigirontok, terbang, gagal ujian, atau kecelakaan mobil.

4. Mimpi tidak seperti yg digambarkan dalam mimpi

Jika anda bermimpi ttg sebuah hal, tidaklah berarti bhw mimpi tsb adalah ttg hal itu. Mimpi berbicara dlm bahasa simbolik yg rumit. Pikiran bawah sadar mencoba utk membandingkan mimpianda dgn sesuatu, yang serupa. Seperti menulis puisi dan mengatakan bhw sebuah kelompok semut adalah seperti mesin yg tidak pernah berhenti bekerja.

3. Orang yang berhenti merokok memiliki mimpi yang lebih nyata

Orang yang merokok dalam waktu yg lama tapi telah berhenti merokok, dilaporkan memiliki mimpi yg lbh nyata dari yg biasanya mereka alami ketika masih merokok. Menurut, Jurnal dari Psikologis Aneh : "Diantara 293 perokok yg berhenti selama 1 sampai 4 minggu , 33% memiliki setidaknya 1 mimpi ttg merokok. Bermimpi ttg merokok adalah hasil dari efek tembakau yg keluar, seperti halnya 97% tidak ada mimpi ttg merokok ketika mereka merokok.

2. Rangsangan Luar menyerbu mimpi kita

Ini disebut penggabungan mimpi dan adalah pengalaman yg kebanyakan kita alami dimana sebuah suara terdengar dalam mimpi kita dan tergabung dalam bbrp cara. Contoh serupa mungkin terjadi jika anda secara fisik haus dan pikiran andamenggabungkan perasaan itu kedalam mimpi anda. Pengalaman pribadi saya ttg ini termasuk secara berulang-ulang meminum sebuah gelas besar yg berisi air sampai puas, lalu akhirnya kita haus lagi, lalu minum lagi dst.. berulang sampai kita bangun dan meminum air yg real. Gambar terkenal diatas ( Mimpi yg terjadi karena Lebah yang terbang disekitar buah delima sesaat sebelum bangun) oleh Salvador Dali, menggambarkan konsep ini.

1. Anda lumpuh ketika sedang tidur

Percaya atau tidak, tubuh anda sebenarnya lumpuh ketika tidur - kemungkinan besar untuk mencegah tubuh andabertindak diluar aspek mimpi anda. Menurut Artikel Wikipediadalam hal mimpi, "Kelenjar mulai mengeluarkan hormon yg membantu prosees tidur dan neuron mengirimkan sinyal ke urat saraf tulang belakang yg menyebabkan tubuh menjadi tenang dan kemudian menjadi lumpuh.


Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar