Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Sabtu, 08 Januari 2011

Liga Primer Indonesia dimulai


Meski mendapat tentangan dari PSSI, LPI tetap digelar diikuti 19 klub daerah

Setelah sempat terancam tidak mendapatkan izin dari kepolisian, hari ini Liga Primer Indonesia atau LPI akhirnya akan menggelar pertandingan pertama antara kesebelasan Solo FC melawan Persema Malang.

Koresponden BBC di Solo melaporkan upacara pembukaan Sabtu (08/01/11) sore akan dimeriahkan dengan penampilan 1.050 orang penari memakai baju tradisional modern, dan pengibaran bendera 19 klub yang mengikuti gelaran LPI.

Animo masyarakat juga terlihat tinggi terlihat dari penuhnya Stadion Manahan yang berkapasitas 25 ribu tempat duduk.

Arifin Panigoro selaku penggagas LPI sudah berada di stadion bersama dengan Walikota Solo Joko Widodo dan Ketua PSSI Solo Rudi Hadiatmo.

Kehadiran Ketua PSSI Solo ini semakin menguatkan dugaan adanya perpecahan ditubuh PSSI. Selama ini sejumlah pengurus daerah PSSI memang banyak yang membelot dari induk persepakbolaan Indonesia tersebut.

Pengurus teras PSSI yang diketuai oleh Nurdin Halid diketahui sangat menentang pelaksanaan LPI sebagai ajang tandingan bagi Liga Super Indonesia yang selama ini digelar oleh PSSI. bahkan sebelum LPI digelar, PSSI sempat memperkarakan LPI dengan alasan liga tersebut ilegal karena tidak diakui oleh PSSI.

IZIN PEMERINTAH

Tetapi pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Liga Primer Indonesia tidak menyalahi aturan perundangan.

Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng mengatakan sudah menemukan solusinya.

"Urusan izin penyelenggaraan pertandingan dan perlombaan profesional adalah kewenangan Badan Olahraga Profesional Indonesia, BOPI," katanya.

"Kami sudah mendiskusikan dengan pakar-pakar hukum dan pihak kepolisian yang terjepit soal pemberian izin. Dengan ini jelas bahwa izin penyelanggaraan bagi pertandingan profesional cabang olahraga mana saja termasuk sepakbola adalah BOPI," tandasnya.

Kekisruhan antara PSSI dengan penyelenggara LPI juga berimbas kepada seleksi pembentukan tim nasional U-23 yang tengah berlangsung saat ini, karena sejumlah pemain yang dipanggil mengkitu seleksi bermain di LPI.

PSSI sebelumnya mengancam akan mencoret para pemain yang membela klub bermain di LPI. Salah satunya adalah penyerang Irfan Bachdim.

Irfan yang namanya mencuat saat kejuaraan Piala AFF 2010 kemarin ini merupakan pemain inti klub Persema Malang. Tetapi meski tetap memilih untuk bermain di LPI, Irfan tetap dipanggil masuk kedalam skuat U-23 yang disiapkan untuk Sea Games dan Pra Olimpade.

Kompetisi LPI diikuti oleh 19 klub dari berbagai daerah. Dalam keikutsertaannya klub-klub peserta tidak lagi mendapatkan dana bantuan dari anggaran belanja pendapatan daerah melainkan dari konsorsium penyelenggara LPI.



Sumber Referensi : 




 Nikmati Segera Let Us Study versi Mobile di 

0 komentar:

Posting Komentar