Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Minggu, 01 Juli 2012

Let Us Study | Yuk Lihat 5 Kota Terbaik Untuk Bersepeda di Asia

Let Us Study : Bersepeda kini mulai menjadi trend di kalangan masyarakat Indonesia, mulai dari orang tua hingga anak-anak, eksekutif hingga masyarakat biasa. Meski mulai booming, namun minimnya fasilitas masih menjadi kendala. Meski kini pemerintah kota, khususnya Jakarta, menyediakan jalur khusus sepeda, namun kenyamanan dan keamanan pengendara sepeda di tengah ramainya lalu lintas yang terkesan serampangan sangat kurang. 

Di Asia sendiri, ada banyak negara yang memiliki basis pengguna sepeda yang cukup banyak. Salah satunya adalah Jepang. Namun selain negara itu, masih ada lagi beberapa negara lain yang ternyata sangat mendukung aktivitas bersepeda.

Dan seperti yang dilansir oleh CNNGo, berikut ini adalah beberapa kota yang diklaim sangat bersahabat dan baik untuk melakukan aktivitas bersepeda.

1. Beijing, China



Kota Beijing disebut sebagai salah satu kota bersepeda terbaik di Asia. Hal itu tidak lepas dari berbagai fasilitas dan infrastruktur yang mendukung para pengguna sepeda. Tidak hanya satu atau dua, jalur sepeda di kota ini hampir ada di setiap sisi jalan kota lengkap dengan puluhan bengkel sepeda yang siap melayani jasa servis bagi para pengendara. Lebih jauh lagi, saking mendukungnya kegiatan bersepeda, ada beberapa biro perjalanan yang bahkan khusus menawarkan paket wisata menggunakan kendaraan gowes tersebut.

2. Kyoto, Jepang



Sepeda sudah menjadi aktivitas sehari-hari penduduk di kota ini. Dengan kata lain, jika di Jakarta bersepeda masih sebatas hobi, maka di Kyoto bersepeda merupakan sebuah tradisi atau gaya hidup yang sudah berlangsung secara turun temurun. Kyoto mempunyai lalu lintas yang teratur dan banyak gang-gang sempit yang bisa dipakai sebagai jalan pintas.

3. Jeju, Korea Selatan



Selain dikenal dengan ke-eksotisan pantainya, pulau Jeju juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk bersepeda di Korea Selatan. Pulau ini dikelilingi oleh trek yang halus dengan siklus berkesinambungan sepanjang 182 km. Tidak hanya menyehatkan, bersepeda di kawasan ini juga dijamin akan membuat pikiran segar karena dikelilingi oleh pemandangan alam yang memukau. Jika Anda ke pulau ini dan ingin menikmati sensasi wisata bersepeda, Anda bisa menyewanya di dekat terminal bus di Kota Jeju dan Yongduam.

4. Singapura, Singapura



Sejak lama, negara yang satu ini memang dikenal memiliki tata letak kota yang apik dan indah. Dan belakangan trend sepeda pun mulai berkembang pesat. Hal itu tidak lepas dari campur tangan pemerintahnya yang gencar mempromosikan kegiatan bersepeda sebagai salah satu program wisata. Sebagai upaya kongkrit, mereka membangun jaringan jalur sepeda di jalan-jalan utama kota. Jalur bersepeda akan segera diberlakukan di tujuh kota di Singapura pada tahun 2014. Untuk saat ini, kita bisa bersepeda di dekat taman seperti East Coast dan Bishan Park.

5. Kaohsiung, Taiwan



Kaohsiung merupakan kota paling ramah untuk para pengguna sepeda. Di kota ini dibangun jalur sepeda yang bervariasi. Kaohsiung juga merupakan kota pertama di Taiwan yang memiliki banyak kios sepeda yang melayani sewa untuk umum. Layanan ini dikenal dengan C-Bike dan tersedia di 50 stasiun penyewaan di sekitar kota. Harga sewa mulai dari NT $ 30 untuk setengah jam pertama, namun pengendara harus membayar NT $ 15 lebih untuk setengah jam berikutnya. Situs resmi C-Bike memiliki peta yang terperinci tentang rute bersepeda di kota ini dan rincian sewanya. 



Penanggung Jawab : 
let-us-study.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar