Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Senin, 08 November 2010

10 Pasar yang Patut Dikunjungi di Dunia

Saya suka sekali pasar, terutama pasar tradisional.

Setiap jalan-jalan ke tempat baru, salah satu tujuan utama saya adalah mengunjungi pasar lokalnya. Saya suka mengamati keramaian dan berbagai macam aktivitas yang terjadi di dalam pasar. Menurut saya, pasar adalah salah satu tempat di mana segala keunikan lokal berkumpul. Dan tidak melupakan satu hal juga, bahwa di pasar kita dapat berbelanja oleh-oleh secara murah meriah, ya toh? :)

Pasar-pasar di bawah ini merupakan pasar lokal yang patut menjadi destinasi wisata Anda berikutnya:

(1) Grand Bazaar, Istanbul, Turki


Grand Bazaar | 
photo by varunshiv

Grand Bazaar yang berada di Istanbul, Turki, ini diklaim sebagai pasar tertutup yang tertua dan terbesar di dunia dengan detil arsitektural yang indah dan unik. Pasar ini terdiri dari lebih 58 jalan yang tertutup atap dan lebih dari 1.200 toko-toko yang menarik dengan tingkat kunjungan antara 250.000 dan 400.000 pengunjung perharinya. Pertama kali dibuka pada tahun 1461, pasar ini terkenal dengan perhiasan, tembikar, rempah-rempah, dan karpetnya.

(2) Dili Haat, Delhi, India


Dilli Haat | 
photo by siresim

Dili Haat adalah kombinasi tempat makan dan pasar kerajinan yang terletak di jantung kota Delhi. Dili Haat memiliki kios makanan yang mewakili setiap negara bagian di India, menawarkan berbagai selera kuliner India yang lengkap.

(3) Ben Thanh Market, Ho Chi Minh City, Vietnam


Ben Thanh Market | 
photo by Herajeng Gustiayu

Ben Thanh Market adalah sebuah pasar besar yang terletak di pusat kota Ho Chi Minh City (Saigon), Vietnam, di Dictrict 1. Pasar ini adalah salah satu struktur awal yang masih bertahan di Saigon dan dianggap sebagai salah satu simbol kota Ho Chi Minh City. Barang yang umum dicari di pasar ini adalah kerajinan lokal, tekstil, áo dài (baju tradisional Vietnam), dan souvenir, serta masakan lokal.

(4) Chatuchak Weekend Market, Bangkok, Thailand


Chatuchak Weekend Market | photo by antwerpenR

Chatuchak Weekend Market yang dikenal dengan sebutan J.J adalah pasar terbesar di Thailand. Berisi lebih dari 5.000 kios yang menjual berbagai macam barang, namun seperti namanya, kebanyakan kios di pasar ini hanya dibuka saat hari Sabtu dan Minggu.

(5) Izmailovsky Souvenir Market, Moscow, Russia


Izmailovsky Souvenir Market | 
photo by DrBacchus

Izmailovsky Souvenir Market ini wajib dikunjungi apabila Anda sedang bertandang ke Moskow, Russia. Di sini Anda akan menemukan berbagai souvenir khas Russia yang unik. Dipagari oleh benteng kayu buatan, pasar yang begitu hidup dan ramai ini buka seharian penuh pada akhir pekan, tidak lupa disediakan banyak tempat untuk beristirahat apabila Anda sudah mulai merasa capai berkeliling.

(6) Temple Street Market, Hong Kong, China


Temple Street Market | 
photo by S Baker

Temple Street Market adalah pasar yang berada di sepanjang jalan yang terletak di jalan Jordan dan Yau Ma Tei di Kowloon, Hong Kong. Terkenal juga sebagai Men's Street karena kebanyakan barang yang dijual adalah barang kebutuhan pria. Pasar ini dibuka pada pukul 2 siang, lalu lintas ditutup pada jam tersebut dan pengunjung akan mulai berdatangan. Pasar menjadi lebih ramai dan hidup saat hari menjelang malam ke subuh.

(7) Faneuil Hall Marketplace, Boston, Amerika Serikat


Faneuil Hall Marketplace | 
photo by BostonPhotoSphere

Faneuil Hall Marketplace adalah sekumpulan bangunan bersejarah (Faneuil Hall, Quincy Market, North Market, dan South Market) yang berlokasi pada satu tempat dan kini berfungsi sebagai pasar festival. Pasar ini mengelilingi promenade di mana para street entertainer seperti juggler, pesulap, dan pemusik menghibur para pengunjung yang datang.

(8) Covent Garden Market, London, Inggris


Covent Garden Market | 
photo by Thomas Euler

Covent Garden yang terletak di kota London, Inggris, merupakan area wisata yang terkenal oleh keberagaman aktivitas perdagangannya. Covent Garden sendiri adalah sebuah piazza bergaya Italia yang dikemas dengan berbagai restoran, bar, dan butik-butik ternama. Pada piazza terbuka ini, seringkali diadakan pertunjukan juggler, pantomim, berbagai variasi pertunjukan drama serta musik menghidupkan dan mengagumkan para penontonnya. Restoran, kafe, dan bar di sekeliling piazza ini menawarkan pemandangan menarik pada kesehariannya.

(9) Queen Victoria Market, Melbourne, Australia


Crowds in the Deli Hall - Queen Victoria Market | 
photo by avlxyz

Queen Victoria Market di Melbourne, Australia, merupakan pasar terbuka yang digunakan bukan hanya digunakan sebagai tempat berbelanja, namun juga sebagai objek wisata yang menarik bagi penduduk lokal Australia dan turis-turis mancanegara. Denah pasar ini dibagi menjadi beberapa area sesuai dengan jenis produk yang dijual: "the Deli Hall", "Elizabeth Street Shops", "Fished Laneway", "Vic Market Place Food Court", "Fruit and Vegetables", "the Meat Hall", "Organics", "General Merchandise", "Victoria Street Shops", dan "the Wine Market". 

(10) 
Le Puces, Saint Ouen (Paris), Perancis

Les Puces | 
photo by Trends Magazine Paris

Les Puces atau dalam arti harfiahnya, "the fleas" (Flea Market atau Pasar Loak)yang berlokasi di Saint Ouen, Paris, adalah salah satu pasar loak terbesar di Eropa yang memiliki lebih dari 2.000 toko yang menjual barang apa pun yang dapat Anda pikirkan.If you can imagine it, it's probably on sale here—somewhere!

Sumber Referensi :

0 komentar:

Posting Komentar