Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Kamis, 13 Oktober 2011

8 Makanan Sehat Sekaligus Enak dari Mancanegara

Gado Gado
Gado Gado, makanan sehat asli Indonesia
Let Us Study : 

Indonesia sebenarnya kaya akan makanan sehat seperti tahu yang mengandung isoflavon, dan pisang yang merupakan sumber vitamin C dan potasium. Tapi menu sehat tak itu saja. Banyak makanan enak dari negara lain, yang juga tak kalah sehat dan tentu saja enak di mulut.
Jepang: Sashimi dan Sushi
Negara Jepang memang terkenal dengan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat yang bahkan sudah menjadi tradisi. Pantes saja kan banyak lansia di Jepang yang masih bertahan hidup di usia senja. Orang Jepang percaya kalo mengonsumsi ikan mentah akan membuat otak cerdas dan tubuh lebih sehat. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dari ikan mentah.
- Sashimi
Makanan dengan fillet ikan laut mentah ini biasanya menggunakan ikan salmon. Keunggulan Sashimi terletak pada asam lemak Omega 3 dan protein yang tinggi. Sashimi bisa dinikmati dengan wasabi atau soya sauce. Makanan ini memiliki rasa manis, tak amis dan berasa segar. Kalau amis, berarti Sashimi tak layak dikonsumsi.
- Sushi
Sushi berisi berbagai hasil laut seperti nori (rumput laut), ikan salmon dan ketan. Sushi sehat karena mengandung protein yang sangat tinggi. Sushi baik bagi kesehatan otot dan metabolisme tubuh berkat kandungan serat dan vitamin pada rumput laut dan kandungan asam lemak Omega 3. Kandungan asam lemak Omega 3 ini aktig membakar kelebihan lemak dan juga memicu rasa kenyang.
Ya, Sushi bisa memicu produksi leptin, sejenis hormon yang bertugas mengirimkan rasa kenyang ke otak. Jadi, makan sehat dan sedikit tapi sudah terasa kenyang. Alhasil tubuh tak akan kelebihan asupan yang justru bisa merugikan. Lebih baik mengonsumsi Sushi setelah mengawali dengan makanan berkuah seperti shabu-shabu.
Thailand: Som Tam dan Kao Niao Ma Muang
Di Thailand, kamu bisa menemukan bahwa kebanyakan wanitanya bertubuh langsing. Bukan karena diet ketat tapi karena makanan yang mereka konsumsi. Dua menu andalan Thailand:
- Som Tam
Makanan yang punya keunggulan rendah lemak dan detri fiber (serat pangan) tinggi ini berisikan pepaya muda yang diiris tipis-tipis. Dibubuhi kacang-kacangan dan dikucuri jeruk nipis. Jika ingin pedas, bisa ditambahkan cabai.
Rahasianya disini ialah pepaya muda yang mengandung serat tinggi. Pepaya dianjurkan oleh WHO untuk dikonsumsi karena memang baik bagi manusia. Selain melancarkan saluran pencernaan, juga bisa mambantu mencegah kanker kolon.
Untuk mengonsumsi Som Tam, dianjurkan sebelum makan berat alias sebelum main course. Som Tam mempunyai efek yakni bisa mengenyangkan perut dalam jangka waktu lama. Kalau versi aslinya sih biasanya ada asinan kepitingnya. Tapi makan garam bisa menyebabkan perut kembung. Karena itu better makan tanpa gula ataupun asinan kepiting.
- Kao Niao Ma Muang
Makanan yang dalam bahasa inggris berarti mango sticky rice ini berisikan buah mangga. Dengan irisan tebal dan teratur yang disajikan dengan kukusan ketan. Sebagai penguat rasa, ditambahkan pula dengan santan.
Kao Niao Ma Muang kaya akan karbohidrat, serat dan sarat akan karoten. Selain itu, mango stick rice yang cocok sebagai dessert ini juga mengandung provitamin A dan provitamin C. Agar tak terasa berat di perut, kurangi ketannya. Cukup makan sekadar untuk pencuci mulut dengan komposisi, 1 buah mangga, 2 sendok makan ketan dan santan cukup 1 sendok teh saja.
Yunani: Greek Salad dan Strangisto Yaourti
Kali ini kita beralih ke Yunani. Negara yang terkenal dengan Gladiatornya ini punya prinsip memilih bahan segar saja sebagai makananya. Orang Yunani juga jarang goreng-menggoreng.
- Strangisto Yaourti
Karena mengandung sedikit gula, Starngisto Yaourti ini cenderung kental. Makanan jenis yoghurt ini biasanya dikonsumsi oleh pasangan yang baru berbulan madu. Dengan dicampur madu dan kacang kenari, yoghurt ini ditujukan agar menambah energi dan meningkatkan kesuburan.
Isinya sebenarnya simpel, cuma susu domba yang diproses secara tradisional. Makanan yang termasuk yoghurt khas Yunani ini bisa jadi alternatif kalau kamu intoleransi terhadap laktosa dalam susu. selain melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, yoghurt ini juga bisa memperkuat tulang karena kaya akan kalsium.
Yoghurt juga bisa digunakan sebagai menu diet. Yoghurt ini juga bisa dicampur dengan buah-buahan segar.
- Greek Salad
Salad yang berisi kubis-kubisan warna merah, hijau, putih dan ungu ini kaya akan zat antioksidan. Selain itu juga mengandung vitamin dan mineral karena kubis putih dan hijaunya. Olive oil mengandung sekitar 80 persen hingga 85 persen asam lemak tak jenuh ganda yang berguna melindungi jantung. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolestrol baik (HDL).
Salad yang juga berisi paprika, tomat dan olive oil ini bisa disantap dengan lemon jus. Rasanya akan lebih segar.
Korea: Kimchi dan Miyuk Gook
Beralih ke Korea. Negara yang terkenal karena Korean Pop nya seperti SNSD dan SMASH ini juga punya makanan sehat.
- Kimchi
Bagi yang sering liat film Korea, pasti sering denger Kimchi kan? Nah makanan tradisional ini adalah hasil fermentasi yang punya keunggulan karena terbuat dari berbagai sayuran berserat tinggi dan rendah kalori. Sebagai ilustrasi, satu porsi kimchi saja sudah memenuhi lebih dari 50 persen kebutuhan harian karoten dan vitamin C kita.
Makanan yang berisi sawi putih, lobak, irisan cabai merah, bawang bombay dan cumi-cumi atau tiram ini kaya dengan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium dan zat besi. Kimchi juga dapat membantu melancarkan pencernaan serta menekan pertumbuhan sel-sel kanker kolon hingga 72 persen!
Hasil yang didapat dari Kimchi akan lebih maksimal jika terfermentasi dengan baik. Jika tak tahan dengan rasanya yang asam, kamu bisa menambahkan sup (kimchi ijigae) atau nasi goreng (kimchi bokkeumbap). Untuk rasanya, yang jelas enak dong.
- Myuk Gook (seaweed Soup)
Biasanya jika para ibu sesudah melahirkan buah hatinya pasti mengonsumsi sup ini. Sup yang juga disebut birthday soup ini dikonsumsi dengan maksud memulihkan stamina bagi para ibu.
Dengan isi rumput laut, kecap, bawang putih, garam dan minyak wijen, sup ultah ini mengandung glutamat. Zat yang mempunyai efek menambah nafsu makan ini juga memenuhi kebutuhan energi. Sup ulang tahun korea ini juga sarat akan kalsium. Jika ingin melancarkan ASI tapi bosan makan daun katuk, silahkan coba sup rumput laut ini, rasanya dijamin lezat.
Bonus: Gado-gado
Makanan dari Indonesia ini keluar sebagai juaranya makanan sehat dan enak. Makanan asli Indonesia ini masuk kategori sehat karean isinya berupa aneka macam sayuran, tahu dan kentang. Cuman saus kacangnya saja yang perlu mendapat perhatian khusus. Bumbu kacang kaya akan lemak dan kadang mengandung jamur aflatoksin yang tumbuh saat proses pengeringan.
Untuk mengatasi bahaya dari bumbu kacang pada gado-gado, gunakan seperlunya saja, misal satu atau dua sendok makan. Agar asupan protein terpenuhi, tambahkan juga sebutir telur rebus. Telurnya jangan banyak-banyak ya, maksimal dua butir.






 Penanggung Jawab :
 let-us-study.blogspot.com
http://gugling.com

0 komentar:

Posting Komentar