Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Senin, 21 Maret 2011

74 Miliyar Untuk Menata Tugu Khatulistiwa

wordpress.com

PONTIANAK, KOMPAS.com -
 Pemerintah Kota Pontianak, menganggarkan Rp 74 miliar untuk menata kawasan Tugu Khatulistiwa agar lebih menarik untuk dikunjungi.
"Mulai tahun depan kami menganggarkan sebesar Rp 10 miliar dari total anggaran untuk penataan Tugu Khatulistiwa sebesar Rp 74 miliar," kata Walikota Sutarmidji seusai menghadiri Puncak Peristiwa kulminasi matahari di Pontianak, Senin (21/3/2011).
Pada saat peristiwa kulminasi matahari, benda yang ditancapkan tegak lurus tidak terlihat adanya bayangan karena matahari berada tegak lurus di atas kepala.
Peristiwa itu hanya terjadi pada 21-23 Maret dengan titik kulminasi tepat pukul 11.50 WIB, dan 21-23 September dengan titik kulminasi tepat pada pukul 11.38 WIB, di Tugu Khatulistiwa Pontianak.
Kulminasi matahari adalah peristiwa alam yang hanya terjadi di lima negara, yaitu di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat (Indonesia), Afrika, yaitu Gabon, Zaire, Uganda, Kenya dan Somalia. Di Amerika Latin, garis itu juga melintasi empat negara yaitu, Equador, Peru, Columbia dan Brazil.
Dari semua kota atau negara yang dilewati tersebut, hanya ada satu di dunia ini yang dibelah atau dilintasi secara persis oleh garis khatulistiwa yaitu Kota Pontianak sehingga menjadi ciri khusus. "Karena itulah Kota Pontianak juga dikenal dengan sebutan Kota Khatulistiwa," kata Sutarmidji.
Ia berharap, ke depannya seluruh kegiatan yang berkaitan dengan peristiwa kulminasi matahari dapat dilaksanakan di kompleks Tugu Khatulistiwa. "Sehingga masyarakat umum mengetahui apa itu peristiwa kulminasi dan prosesnya," kata Wali Kota Pontianak.
Sementara itu, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya berharap, peristiwa kulminasi matahari dikemas lebih baik lagi agar bisa menarik minat wisatawan lokal, nasional dan mancanegara untuk menyaksikannya."Kegiatan peringatan peristiwa kulminasi matahari hendaknya dikemas sebagus mungkin agar lebih menarik untuk disaksikan," ujarnya.








Sumber Referensi :




 sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar