Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Kamis, 17 Maret 2011

Raja yang Gagap

The King's Speech, film yang memenangkan 4 piala Oscar dan Golden Globe Award ini memang layak untuk dilihat. Cerita yang berdasarkan kisah nyata dari raja Inggris, George VI. Let Us Study

Pangeran Albert, Duke of York dengan nama panggilan di keluarga, Bertie ini gagap, terutama jika harus memberikan pidato di depan umum. Berbagai dokter telah dipanggil untuk menangani gagap-nya tersebut. Namun gagal. Sampai istri-nya menemukan seorang dokter, Lionel Longue,  yang tidak mau dipanggil ke tempat kediamannya tetapi harus menjalankan terapi di tempat prakteknya tersebut.
Dari sinilah diketahui kenapa Bertie menjadi gugup dan perlahan-lahan Lionel memberi latihan serta kepercayaan sehingga Bertie mulai bisa berbicara di depan umum.
Saat raja George V (ayahanda Bertie) meninggal kemudian tahta diturunkan kepada kakak Bertie, David. Namun David memilih mengawini seorang janda sehingga gugurlah gelar raja dan diturunkan kepada Bertie.
Bertie hendak naik tahta, para pemuka kerajaan tidak menginginkan keberadaan Lionel yang ternyata bukan seorang dokter. Lionel hanya seorang aktor gagal. Dia biasa membantu bekas veteran perang yang kehilangan kemampuan bicaranya untuk dapat berbicara kembali. Namun sang raja sudah nyaman dengan Lionel.
Ketika Inggris mau berperang melawan German, di sinilah tantangan Raja George VI (Bertie) untuk menyampaikan pidato kepada rakyatnya. Lionel kembali memegang peran untuk membuat Raja George VI bisa berpidato dengan baik.
Film ini menyuguhkan adegan-adegan yang menarik terutama dialog-dialog-nya. Belum lagi hubungan antara Bertie dan Lionel. Memancing permainan emosi penonton untuk ikut hanyut dalam dialog-dialog tersebut. Rasa simpati, cemoohan serta dukungan kepada sang raja, latar belakang sang raja, ketakutan sang raja, harapan rakyat terhadap pemimpinnya, semua tercermin dengan baik.
Para pemainnya juga dapat memainkan perannya dengan baik. Sebuah cerita yang sederhana tetapi dapat menggugah penonton untuk ikut hanyut dalam permainan tersebut. Tentunya cerita di dramatisir juga, namun alur ceritanya menjadi lebih menarik dan tidak berlebihan.

Raja bukanlah seorang yang sempurna tetapi dituntut untuk menjadi sempurna.





Sumber Referensi :




  sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar