Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Minggu, 24 Juli 2011

12 MUSEUM TERPILIH SEBAGAI MUSEUM TERFAVORIT DI INDONESIA




Museum House of Sampoerna di Surabaya.  (INTERNET)
Museum House of Sampoerna di Surabaya. (INTERNET)

Surabaya, 14 Juli 2011 – Upaya museum-museum Indonesia yang mulai berbenah dan mempercantik diri beberapa tahun terakhir ini untuk menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke museum, mulai menunjukkan hasil yang menggembirakan. 9 Museum Indonesia terpilih menjadi museum terfavorit dalam 3 kategori: Sejarah/Arkeologi, Seni Budaya, Iptek/Geologi/Biologi dan 3 museum lainnya terpilih dalam Kategori Pilihan Editor.
Untuk Kategori Sejarah/Arkeologi, Museum Bank Indonesia terpilih sebagai museum terfavorit, House of Sampoerna sebagai museum terfavorit untuk Kategori Seni Budaya, sedangkan untuk Kategori Iptek terpilih Museum Geologi. Adapun Museum Bahari terpilih sebagai museum terfavorit untuk Kategori Pilihan Editor.
Riset yang dilakukan oleh majalah National Geographic Traveler pada bulan April hingga Mei 2011, dilakukan dalam dua tahap. Pertama yaitu menjaring kriteria museum yang baik dan menarik untuk dikunjungi melalui diskusi panel bersama pemerhati dan praktisi museum di Indonesia untuk 3 kategori museum: sejarah/arkeologi, museum seni budaya, dan museum iptek/geologi/biologi. Tahap kedua adalah dengan melakukan jajak pendapat online melalui laman http://traveler.nationalgeographic.co.id/survei. Walaupun hasil survei tidak dapat mewakili keseluruhan pandangan masyarakat Indonesia, namun pengalaman wisatawan dalam menikmati kunjungan ke museum memberikan pandangan yang berbeda tentang bagaimana seharusnya museum itu.
Seperti yang ditunjukkan hasil survei Museum House of Sampoerna (HoS) yang menempati bangunan berusia lebih dari 145 tahun ini. Dari 649 responden, 63% menyatakan museum yang berlokasi di kawasan Surabaya lama ini menarik dalam penataan ruang atau interior, peragaan (58%), kelancaran arus kunjungan (32%), kepiawaian pemandu fasih berbahasa Inggris (30%). HoS yang dikunjungi rata-rata 11.000 pengunjung per bulan memenuhi kriteria koleksi terpelihara baik (61%), kelengkapan fasilitas museum (30%) dan program/acara menarik (30%).
Lain halnya dengan Museum Geologi yang berhasil meningkatkan tipe pengunjung wisatawan yang awalnya hanya 10% dan anak sekolah 90%, menjadi lebih dari 70% kunjungan adalah wisatawan. 55 responden (36%) setuju bahwa penataan ruang atau interior museum yang berlokasi di Bandung ini ditata dengan baik, 63% responden menegaskan koleksi museum geologi menarik, serta pemeliharaan koleksi yang baik (58%).

Lebih lanjut, 80% responden menyatakan penataan koleksi Museum Bank Indonesia (BI) yang baru diresmikan pada tahun 2009 ini menarik, pemeliharaan koleksi baik (59%), lengkap (29%), kelengkapan fasilitas museum (49%), penataan interior (71%), dan kelancaran arus pengunjung (45%).
Tercatat setidaknya 279 museum dimiliki oleh Indonesia menurut Direktorat Museum Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia. Tak hanya perayaan hari Museum Internasional yang diperingati setiap 18 Mei, berbagai aktivitas untuk mempromosikan museum-museum di Indonesia seperti Gerakan Cinta Museum dan Tahun Kunjung Museum yang dicanangkan pada tahun 2010 juga dilakukan untuk menarik pengunjung untuk berwisata pendidikan ke Museum.
Hasil survei yang dilakukan oleh tim Litbang National Geographic Traveler:
Kategori I: Sejarah/Arkeologi
1. Museum Bank lndonesia 17%
2. Museum Sejarah/Fatahilah 13%
3. Museum Nasional/Gajah 12%
Kategori ll: Seni Budaya
1. House of Sampoerna 16%
2. Museum Wayang l6%
3. Ullen Sentalu 14%
Kategori lll: lptek/Geologi/Biologi
1. Museum Geologi 24%
2. Museum Zoologi 20%
3. Museum Gunung Merapi 17%
Kategori Pilihan Editor:
1. Museum Bahari
2. Museum Kereta Api Ambarawa
3. Museum Dirgantara Mandala








Penanggung Jawab : 
(sumber: National Geographic TRAVELER, edisi bulan Juli 2011, Indonesia)



 sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar