Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Jumat, 27 Mei 2011

Bungkus Rokok Akan Berbicara Tentang Dampak Merokok



"Kalau masyarakat kita kan perlu contoh gambar, seperti apa sih kanker itu."

Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, Dedi "Mi'ing" Gumelar, mengusulkan bungkus rokok dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi sakit yang diakibatkan rokok. Menurut Mi'ing, masyarakat butuh gambar, bukan sekadar kata-kata, dan ini bisa jadi alat kampanye anti rokok.

"Kalau masyarakat kita kan perlu contoh gambar, seperti apa sih impotensi itu, seperti apa kanker itu. Nah baru orang bisa berhenti," katanya dalam acara dialog interaktif di Hotel Harris, Jakarta 27 Mei 2011. Poster bahaya merokok yang disediakan di beberapa tempat menurut Miing masih kurang. "Itu kan hanya sebagian kecil saja. Tetap perlu ada contoh di bungkus rokok," ujarnya.

Mi'ing juga mendukung berlakunya Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI Jakarta No 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok. "Dalam Pergub tersebut tidak melarang orang merokok, tentunya ini tidak melanggar hak asasi para perokok. Orang boleh merokok tapi di luar gedung atau di tempat yang sudah disediakan," tutur Mi'ing dalam acara dialog interaktif di Hotel Harris, Jakarta 27 Mei 2011.

Menurut pentola grup lawak Bagito itu, hak bukan perokok untuk menghisap udara bersih lebih besar dari hak perokok untuk mencemari udara dengan racun yang akan dihisap orang lain. "Kalau merokok di kantor kan berarti melanggar hak orang lain yang ingin menjaga kesehatan," ujar Mi'ing. Dia menjelaskan setiap perokok sudah mencapai ketagihan adiktif biasanya sulit berhenti. Untuk itu perlu adanya pendekatan komunikasi agar perokok bisa menghentikan kebiasaannya.

"Banyak yang merasa tetap sehat dengan merokok. Padahal dengan berhenti merokok bisa jauh lebih sehat. Pendekatan bisa dilakukan dengan komunikasi seperti istri bicara dengan suaminya. Atau dengan pemberian reward jika berhenti merokok," urai Mi'ing.
Dengan demikian, menurut dia, kesadaran bisa dibentuk.

Kemasan rokok bergambar produksi Indonesia untuk mancanegara










Sumber Referensi :
http://nasional.vivanews.com/


sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar