Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Selasa, 10 Mei 2011

Cozy, Layanan Cloud On Demand Pertama di Indonesia

Presiden Direktur LMD Arief R. Yulianto (Foto: Defanie Arianti / okezone)
Presiden Direktur LMD Arief R. Yulianto (Foto: Defanie Arianti / okezone)
JAKARTA - PT Lintas Media Danawa (LMD) meramaikan pasar cloud computing Tanah Air dengan menghadirkan Cozy atau Cloud Ezy, yakni layanan cloud on demand pertama di Indonesia. Layanan ini memberikan fleksibilitas menarik bagi pelanggan karena mereka hanya membayar sesuai pemakaian mereka (pay as you go).

Layanan ini memang didesain untuk melayani segmen pasar yang mementingkan efisiensi biaya IT tanpa harus mengorbankan kualitas maupun performa. Bagi perusahaan baru maupun kecil menengah yang memiliki kebutuhan kapasitas fluktuatif, layanan ini tentu bisa memangkas budget untuk IT.

"Untuk usaha kecil menengah, kebutuhan kapasitas mereka tidak menentu. Kadang sangat tinggi, kadang rendah. Tentu tidak efisien jika mereka mengucurkan dana besar untuk membangun server," cetus Presiden Direktur LMD Arief Yulianto pada acara peluncuran Cozy di FX Entertainment X’enter, Selasa (10/5/2011).

"Jika menggunakan Cozy, pelanggan bisa menyewa server berdasarkan lamanya pemakaian. Misalnya, selama satu hari mereka hanya memakai selama 1 jam, maka mereka hanya perlu membayar selama 1 jam itu," tambah Arief.

Ya, Cozy memang terbilang sangat terjangkau bagi pelaku usaha kecil menengah yang belum memiliki kondisi finansial stabil. Hanya dengan Rp1000, mereka sudah bisa memakai server selama 1 jam dengan kapasitas RAM 1 GB. Pelanggan juga bisa memanfaatkan fasilitas storage sebesar 1 GB dengan bayaran Rp1000 per bulan.

Sementara, jika pelanggan membutuhkan layanan public IP, biaya yang diperlukan hanyalah Rp20 ribu per bulan untuk setiap IP.

Dengan biaya investasi sangat kecil, Cozy menyediakan layanan yang terbilang lengkap dengan menyertakan data center bersertifikasi ISO 27001, pilihan sistem operasi Linux atau Windows, user interface melalui web untuk manajemen dan memonitor server, bandwith 1 GB ke IIX dan internet, backup storage dan, tentu saja, tagihan berdasarkan pemakaian per jam.

Dalam mengelola layanan ini, LMD bekerja sama dengan penyedia platform asal Amerika Serikat, Hexagrid. Platform VxDataCenter milik Hexagrid yang berada di Minnesota ini mencakup virtualisasi, otomasi operasi, high availabilitydata motionsecuritybilling integration serta dilengkapi panel dashboard yang informative untuk pelanggan.

Saat ini, Arief mengklaim telah memiliki 6 klien yang menggunakan layanan Cozy. Meski perkembangan cloud di Indonesia belum terlalu signifikan, Arief toh cukup optimistis bisa merengkuh 200 hingga 300 perusahaan sebagai klien LMD.

"Perusahaan kecil menengah di Indonesia sangat banyak, tapi belum banyak yang menyadari kebutuhan cloud computing. Kami sendiri masih mempelajari pasar ini. Tapi kami berharap bisa memiliki 200 hingga 300 klien di akhir tahun," tutup Arief.
 
Untuk menggunakan layanan Cozy, pelanggan bisa menikmati masa percobaan secara gratis (free trial) dan hanya perlu melakukan verifikasi secara online di www.cozy.co.id.







Sumber Referensi :
http://techno.okezone.com/



 sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar