Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Rabu, 18 April 2012

Let Us Study : Diego Garcia, Pangkalan AS di Asia Pacifik

Let Us Study : Diego García adalah karang atol dan pulau terbesar di Kepulauan Chagos. Pulau ini termasuk wilayah Teritori Samudra Hindia Britania. Terletak di Samudra Hindia, sekitar 1.600 km (1.000 mil) sebelah selatan pesisir selatan India. [1] Negara terdekat pulau ini adalah Sri Lanka dan Maladewa.

Bangsa Portugis merupakan orang Eropa pertama yang mencapai dan melakukan penjelajahan Pulau Diego Garcia. Penjelajah Pêro de Mascarenhas dianggap sebagai penemu ketika berlayar di bawah kepemimpinan Dom Garcia de Noronha pada tahun 1512-1513.

Pada tahun 1960, Kepulauan Chagos secara rahasia disewakan kepada inggris, lepas dari Mauritius dengan maksud mendepak seluruh penduduknya dan mendirikan pos militer. Tahun 1971, Britania Raya dan Amerika Serikat menyetujui perjanjian dimana kelak pulau ini akan didirikan pos militer.

Sejak itu, Britania Raya menerapkan depopulasi Diego Garcia yang sangat kontoversi, memaksa deportasi seluruh 2.000 penduduk pulau ini, keturunan budak Afrika dan pekerja Hindu yang dibawa ke pulau ini oleh Perancis pada abad ke-18, ke pulau-pulau sekitarnya, termasuk Mauritius, yang berjarak 1.200 mil. Sebagai gantinya, pos militer gabungan Britania-Amerika Serikat didirikan.

Pulau ini memiliki satu dari 5 stasiun pengamatan yang membantu operasi GPS, dimana lainnya adalah Pulau Ascension, Hawaii, Atol Kwajalein dan di Colorado Springs.

Pulau ini ditumbuhi tanaman tropis yang lebat. Pulau ini memiliki panjang 60 kilometer (37 mil), dengan ketinggian maksimum 67 m (220 kaki), serta hampir dikelilingi oleh laguna dengan panjang 19 kilometer (12 mil) dan lebar 8 kilometer (5.0 mil). Kedalaman laguna hingga 30 m (98 kaki), dan sejumlah terumbu karang cukup membahayakan untuk navigasi. (WIKIPEDIA)






 Penanggung Jawab :
 let-us-study.blogspot.com
http://forum.vivanews.com

0 komentar:

Posting Komentar