Baca Juga

Welcome to Let Us Study.blogspot.com
================================


Kamis, 17 Februari 2011

Saudara Tiri Kembar Yang Saling Mengancam, OS MeeGo & OS Android

Mungkin banyak dari pembaca yang sudah mengenal system operasi ini, tapi tidak ada salahnya kalau penulis mencoba membahas dan menyegarkan ingatan anda.

Oke, sebelumnya penulis ingin memberikan informasi tentang OS MeeGo, dimana OS ini merupakan penyempurnaan dari OS Maemo berkolaborasi dengan Intel, OS MegGo dan OS Android keduanya merupakan platfon baru untuk system operasi ponsel, kedua system tersebut running dengan linux jadi sama-sama open source.

OS Android
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhEnSxkJYPAv0ZR-ZR6p5UY92cDyW4cIHnq9rG2kuKdwgkSjR0QV-L8-YQQwGSkZ2ypu6eBTRivtAXRs2ckfzyDss6I_t6RDzHF5iQlGOTmSgEsJeoC_PdaRiMFu_IEt7P6bSc6pw4nPkI/s1600/google_android_os.png
Merupakan OS Mobile dibawah besutan Google. Sistem Operasi ini buah karya dari Kernel Linux. Pada awalanya Android di kembangkan oleh Android Inc. dan selanjutnya dibeli oleh google.
Os ini sedang minati vendor-vendor terkemuka, sebut saja Sony Ericsson, Samsung, Motorola, HTC, LG, mereka berlomba menyematkan OS Android pada ponsel-ponsel canggihnya. Tapi di Indonesia ponsel Android kayaknya belum banyak di kenal oleh masyarakat.

Android di distribuasikan secara terbuka, sehingga para programmer bebas membuat aplikasi, Android menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda, Keunggulan Android lainnya adalah web browser yang cepat, interface nya jernih dan jelas, web browser Andoid memungkinkan user untuk membuka beberapa halaman web sekaligus. Untuk mendownload aplikasi/game gratisan sangat sederhana dan cepat karena ukuran aplikasi Java rata rata adalah kecil dan dibawah ukuran rata rata aplikasi/game iPhone/Windows Mobile/Symbian.  
Let Us Study


OS MeeGo
http://www.meegousers.com/wp-content/uploads//2010/11/meego-system.jpg
Produsen-produsen ponsel ternama sudah banyak yang menggunakan Sistem Operasi Android, Bagaimana dengan Nokia?

Ternyata di Indonesia nokia lebih identik dengan OS Symbian, dan dari beberapa sumber yang penulis dapatkan ternyata secara global, OS Android sudah melebihi OS Symbian dalam hal pemakaian Sistem Operasi Smartphone, Wow, kok di Indonesia tidak ada gaungnya? Mmm.. karena itulah nokia mencoba menghadang keberadaan ponsel android dengan OS barunya yaitu OS Maemo (OS symbian yang Open source). Langkah ini di ambil, agar para programmer juga bisa lebih mudah membuat aplikasi untuk OS Symbian. Usut punya usut OS Maemo dimodifikasi juga dari kernel Linux, saudara kembar apa saudara tiri ya.. OS ini sudah di terapkan di Nokia keluaran terbaru yaitu Nokia N900. Tapi lagi-lagi, ternyata OS Maemo tidak mampu membendung ketenaran OS Andriod dan OS Maemo tenggelam.

Untuk menghadapi persaingan ini, Nokia menggandeng Intel untuk membendung serangan OS Android yaitu dengan melahirkan OS MeeGo (Gabungan Maemo dan Intel), hasil ujicoba beberapa pengamat berkesimpulan MeeGo memikat dengan dukungan browser Google Chrome, yang terintegrasi dengan jejaring sosial, kamera, email dan aplikasi. MeeGo mendapat dukungan Flash yang sudah tersematkan di Fennec, sebuah browser Firefox versi mobile. Seperti diketahui juga, Fennec juga sudah berjalan di platform Maemo.Dukungan fitur lainnya yang terdapat di OS MeeGo adalah, VOIP, instant messaging, jaringan sosial, lokasi layanan berbasis komputasi awan. Yang paling menarik dari itu semua adalah, terintegrasinya MeeGo dengan toko aplikasi pihak ketiga yang kini tengah dipersiapkan oleh Intel.

Kabarnya, MeeGo yang merupakan sistem operasi terbuka untuk ponsel cerdas ini mendapat dukungan penuh dari Linux Foundation. Tidak hanya itu, perusahaan lainnya seperti EA Mobile, BMW Group, Acer, Gameloft, Novell, ASUS, dan banyak lagi juga turut ambil bagian. 

Makin seru saja pertarungan dua OS ini, siapa yang bakal jadi yang terdepan? Apakah Nokia bisa merebut posisi di puncak paling tinggi? Atau OS Android yang akan terus merangkak naik menggeser OS Iphone secara global paling berjaya? OS Android dan OS MeeGo sama-sama bersaing untuk merebut posisi nomor dua atau nomor satu, bagaimana hasilnya? Kita tunggu perkembangan selanjutnya.


 Sumber Referensi : 
 sekarang telah hadir Let Us Study Versi Mobile untuk Study Holic 

0 komentar:

Posting Komentar